Wednesday, October 28, 2015

Membuat Ragkaian Joule Thief ( Pencuri ENERGI listrik )

Membuat Ragkaian Joule Thief ( Pencuri ENERGI )



Joule Thief ini adalah sebuah rangkaian yang memanfaat sumber energi sekecil apapun untuk menyalakan lampu ataupun alat elektronik lainnya. Joule Thief Juga sering disebut dengan JT adalah rangkaian pencuri energi. Dimana untuk kita dapat menyalakan banyak lampu LED hanya dengan mengunakan 1 buah batre 1,5 V. Kalau biasanya LED membutuhkan tegangan minimal 3 V, dengan rangkaian JT ini kita dapat menyalakan 1 buah LED atau bahkan lebih banyak, disini kita saya berikan contoh membuat 12 LED menyala  hanya dengan 1 buah batre 1,5 V.


Contoh Video
Klik disini 
alamat:
https://www.youtube.com/watch?v=qdKMcZBVZu8

Sistem kerja dari Joule Thief ini memanfaatkan sistem kerja dari induktor. Induktor atau reaktor adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, dalam satuan Henry. Biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan dikarenakan hukum induksi Faraday. Induktor adalah salah satu komponen elektronik dasar yang digunakan dalam rangkaian yang arus dan tegangannya berubah-ubah dikarenakan kemampuan induktor untuk memproses arus bolak-balik. id.wikipedia.org/wiki/Induktor

Cara mengumpar lilitan kawat email

Kawat tembaga yang di lilitkan ini adalah kawat tembaga yang memiliki isolator atau email (wajib). Jika kawat yang dililit tidak memiliki isolator apalah artinya lilitan tersebut, karena akan dianggap listrik sebagai jalan lurus, dengan kawat email (isolator) yang di lilit maka arus listrik akan menempuh jalur panjang mengikuti penampang kabel, nah setiap konduktor (media peghantar) ketika dialiri arus listrik maka disekitar penampang kabel tersebut akan menghasilkan medan magnet.


Untuk membuat joule thief ini sangat mudah, kumpulkan bahan-bahan berikut ini:

  • Battery bekas
  • Transistot NPN D313
  • Resistor 1K ohm / trimput 10k
  • Toroid Induktor (bisa di cari di lampu bekas,  biasanya di lampu jari ada)
  • Kawat tembaga yang kecil
  • Lampu LED
rangkai seperti gambar paling atas... selamat berkarya..
Terimakasih
Semoga Bermanfaat....

Newer Post Older Post Home

1 comments:

oh ya..... Raket nyamuk dari 3v bisa jadi hampir 2000v....

Post a Comment