Sunday, July 6, 2014

Perbedaan Transfer Online, Kliring dan RTGS

Perbedaan Transfer Online, Kliring dan RTGS

Transfer online
Digunakan untuk melakukan transfer dari BNI ke rekening bank yang tergabung dalam anggota ATM Bersama, seperti Bank BRI, Mandiri, CIMB Niaga, OCBC NISP, Permata Bank, Standard Chartered, BRI Syariah, HSBC, Citibank, Danamon, BII, Commonwealth, Bukopin, Bank Mega, Panin, BTN, termasuk juga bank-bank daerah (BJB, Jatim, dll). Total ada 79 bank. Berapa lama nyampe transferannya? Waktu transfer untuk sampai ke rekening tujuan adalah realtime online, alias langsung masuk saat itu juga. Biaya transfer 5000 rupiah.

Kliring
Digunakan untuk transfer ke semua rekening bank nasional, termasuk Jaringan ATM Prima (BCA salah satunya) dan Jaringan ATM Bersama. Waktu transfer 2-3 hari kerja, tapi menurut pengalaman bisa hanya dalam satu hari jika transfernya pagi hari sebelum jam 11. Biaya : Rp 5000

RTGS
(Real-Time Gross Settlement) sama seperti kliring, namun waktu pengiriman lebih cepat sampai, sekitar 1-3 jam di hari yang sama setelah transfer. Berdasar pengalaman malah pernah di hari berikutnya dana baru terkirim ke rekening tujuan. Biaya : Rp 25000 Jadi bagi saya metode transfer yang ini tidak rekomended. Itulah bedanya Transfer online, Kliring dan RTGS Mudah-mudahan bermanfaat.

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment